Tak Berkategori

Mengapa memperbarui driver Anda di Windows 7, 8.1 & Windows 10?

Written by shiro · 2 min read >

Banyak masalah komputer disebabkan oleh driver perangkat yang sudah ketinggalan zaman. Khususnya di Windows 10.

Jadi jika komputer Anda melambat, Anda harus memperbarui driver Anda. Jika macet atau macet, perbarui driver Anda. Jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, perbarui driver Anda. Jika mouse, keyboard, monitor, atau speaker Anda bermasalah, perbarui driver Anda. Bahkan, tidak peduli apa masalah Anda, ada kemungkinan besar memperbarui driver Anda akan memperbaikinya.

Untuk memahami alasannya, pertama-tama Anda harus memahami apa itu driver sebenarnya…

Apa itu driver?

Driver seperti penerjemah antara Windows dan perangkat Anda. Misalnya, ketika Windows perlu menampilkan sesuatu di monitor Anda, ia mengirimkan perintah ke kartu grafis Anda, dan kartu grafis Anda kemudian menampilkan apa yang diinginkan Windows di monitor Anda.

Tetapi Windows dan kartu grafis Anda sebenarnya tidak berbicara dalam bahasa yang sama. Untuk saling memahami, mereka membutuhkan penerjemah. Penerjemah itu disebut driver. Dibutuhkan perintah Windows dan menerjemahkannya menjadi sesuatu yang dapat dimengerti oleh kartu grafis Anda. Kartu grafis Anda kemudian dapat melakukan apa yang diperintahkan, dan menampilkan hal yang benar di monitor Anda.

Demikian pula, jika kartu grafis Anda perlu mengirim semacam respons kembali ke Windows, driver menerjemahkan respons tersebut menjadi sesuatu yang dapat dipahami Windows.

Dalam contoh ini, yang kita bicarakan adalah driver video, tetapi komputer Anda juga memiliki banyak driver lain – satu untuk setiap perangkat. Speaker Anda, printer Anda, mouse Anda, hard drive USB Anda, kartu jaringan Anda, keyboard Anda, dan sebagainya – masing-masing memiliki driver yang terkait.

Dan tanpa semua driver ini, tidak ada perangkat Anda yang akan berfungsi.

Apa yang terjadi jika driver hilang atau ketinggalan zaman?

Sesekali, Microsoft akan mengubah perintah yang dikirim Windows ke salah satu perangkat Anda (misalnya kartu jaringan Anda). Ketika ini terjadi, pabrikan perangkat itu juga perlu mengubah driver perangkat. Mereka perlu mengajarinya perintah Windows yang baru. Jika tidak, driver tidak akan dapat menerjemahkan perintah tersebut untuk perangkat Anda, dan perangkat Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

Hal yang sama perlu terjadi ketika produsen perangkat Anda mengubah cara perangkat Anda berbicara, atau hal-hal yang dapat dilakukan. Mereka juga perlu mengganti driver. Jika tidak, Windows tidak akan dapat berbicara dengan perangkat, atau memanfaatkan fungsionalitas barunya, dan perangkat Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

Sekarang ketika kami mengatakan “perangkat Anda tidak akan berfungsi dengan baik”, terkadang ini berarti Anda kehilangan fungsionalitas baru atau perbaikan bug kecil. Tapi seringkali jauh lebih serius dari itu. Komputer Anda bahkan mungkin hang, crash, atau berhenti bekerja sepenuhnya. Ingat, ada driver yang mengontrol hard drive Anda, misalnya. Jika Windows tidak dapat berbicara dengan hard drive Anda, itu tidak dapat mengakses data apa pun di drive Anda. Demikian pula, jika Windows tidak dapat berbicara dengan kartu jaringan Anda, Anda tidak akan dapat mengakses internet, dan jika Windows tidak dapat berbicara dengan kartu grafis Anda, Anda tidak akan dapat melihat apa pun di monitor Anda. Ini hanyalah beberapa dari masalah yang lebih serius yang dapat disebabkan oleh driver yang ketinggalan zaman.

Mengapa Anda tidak dapat mengandalkan Windows untuk memperbarui driver Anda

Windows dilengkapi dengan alat bawaan, yang disebut ‘Pembaruan Windows’, yang seharusnya secara otomatis memperbarui driver Anda. Sayangnya, itu tidak bekerja dengan baik.

Ada dua alasan mengapa…

  1. Produsen perangkat sering membutuhkan waktu lama untuk memasukkan driver mereka ke dalam Pembaruan Windows – Ini adalah proses yang memakan waktu dan sulit. Terkadang mereka hanya melewatkan tenggat waktu dan harus menunggu hingga Pembaruan Windows berikutnya, dan terkadang mereka menyerah begitu saja. Sebenarnya, untuk perangkat yang lebih tua, ini adalah norma.

  2. Pembaruan Windows mengabaikan pembaruan driver yang dianggapnya ‘opsional’ – Ini mengkategorikan pembaruan driver sebagai ‘kritis’, ‘otomatis’ atau ‘opsional’, dan biasanya tidak menyangkut dirinya dengan yang ‘opsional’ – bahkan ketika mereka benar-benar penting. Anda dapat menginstalnya secara manual dengan membuka layar ‘Pembaruan opsional’ tetapi, meskipun demikian, seperti yang dijelaskan di atas, Anda tidak mungkin mendapatkan semua driver terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *